Jumat, 28 Desember 2012

Makalah Manusia dan Agama


BAB I
PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
            Manusia adalah bagian integral dari alam semesta atau makhluk Alloh yang lain. Masing-masing memiliki ciri khas , sekaligus saling bergantungan satu sama lain. Peran dan Fungsi Manusia yaitu manusia diciptakan dan hidup di dunia adalah untuk mengemban amanah yang berat yang hanya dibebeankan kepada manusia.
Sesungguhnya kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh, (QS. 33:72)

            Keistimewaan Manusia adalah manusia merupakan makhluk yang mulia , bahkan malaikat disuruh berwujud kepada adam (Manusia) , memiliki bentuk yang baik dan terakhir memiliki akal/ilmu , selain itu manusia juga mempunyai tujuan hidup, yaitu mencari Ridho Alloh SWT.
            Selain itu juga manusia diberi bekal oleh Alloh SWT berupa fisik yang  sempurna, indera,hati,ilmu dan akal beserta agama.kemuadian manusia juga memiliki potensi/sifat baik ialah Hanif ( cenderung kepada kebenaran ) serta mempunyai pedoman hidup diantaranya : Al-Qur’an , Al-Hadits , ijma dan Qiyas.
            Agama memberikan penjelasan bahwa manusia adalah mahluk yang memilki potensi untuk berahlak baik (takwa) atau buruk (fujur) potensi fujur akan senantiasa eksis dalam diri manusia karena terkait dengan aspek instink, naluriah, atau hawa nafsu, seperti naluri makan/minum, seks, berkuasa dan rasa aman. Apabila potentsi takwa seseorang lemah, karena tidak terkembangkan (melalui pendidikan), maka prilaku manusia dalam hidupnya tidak akan berbeda dengan hewan karena didominasi oleh potensi fujurnya yang bersifat instinktif atau implusif (seperti berjinah, membunuh, mencuri, minum-minuman keras, atau menggunakan narkoba dan main judi).
            Agar hawa nafsu itu terkendalikan (dalam arti pemenuhannya sesuai dengan ajaran agama), maka potensi takwa itu harus dikembangkan, yaitu melalui pendidikan agama dari sejak usia dini. Apabila nilai-nilai agama telah terinternalisasi dalam diri seseorang maka dia akan mampu mengembangkan dirinya sebagai manusia yang bertakwa, yang salah satu karakteristiknya adalah mampu mengendalikan diri (self contor) dari pemuasan hawa nafsu yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

B. RUMUSAN MASALAH
            Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam proses penyusunan makalah ini adalah “Manusia dan Agama”.
            Untuk memberikan kejelasan makna, serta menghindari meluasnya pembahasan, maka dalam makalah ini masalah dibatasi pada :
1.      Macam-macam ciptaaan Allah.
2.      Manusia makhluk Alloh yang paling sempurna.
3.      Kebutuhan manusia akan pedoman hidup.
4.      Macam Agama dan kedudukan Agama Islam.    
5.      Peranan Agama Islam dalam menentramkan batin dan membawa kedamaian.

C. TUJUAN
            Adapun tujuan dibuatnya Makalah ini , diantaranya sebagai berikut :
1.      Untuk memenuhi salah satu Tugas mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
2.      Untuk lebih memperjelas mengenai pemahaman tentang “ Manusia dan Agama “
3.      Sebagai sumber bagi yang membaca makalah ini , semoga bermanfaat , khususnya bagi kelompok kami yang mengerjakan makalah ini , dan umumnya bagi yang telah membaca dan mengimplementasikan apa yang terkandung dalam makalah ini.



BAB II
MANUSIA DAN AGAMA

A.  Macam-macam makhluk ciptaan Alloh
a. alam semesta dan seluruh isinya , baik ghaib maupun non ghaib
b. Makhluk hidup (Manusia , Hewan dan Tumbuhan)

v  Manusia
            Manusia adalah bagian integral dari alam semesta atau makhluk Alloh yang lain. Masing-masing memiliki ciri khas , sekaligus saling bergantungan satu sama lain. Peran dan Fungsi Manusia yaitu manusia diciptakan dan hidup di dunia adalah untuk mengemban amanah yang berat yang hanya dibebeankan kepada manusia.
Sesungguhnya kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh, (QS. 33:72)

            Keistimewaan Manusia adalah manusia merupakan makhluk yang mulia , bahkan malaikat disuruh berwujud kepada adam (Manusia) , memiliki bentuk yang baik dan terakhir memiliki akal/ilmu , selain itu manusia juga mempunyai tujuan hidup, yaitu mencari Ridho Alloh SWT.
            Selain itu juga manusia diberi bekal oleh Alloh SWT berupa fisik yang  sempurna, indera,hati,ilmu dan akal beserta agama.kemuadian manusia juga memiliki potensi/sifat baik ialah Hanif (cenderung kepada kebenaran) serta mempunyai pedoman hidup diantaranya : Al-Qur’an , Al-Hadits , ijma dan Qiyas.

v  Hewan
            Hewan atau disebut juga binatang , adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan animalia atau metazoa, adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Adapun sebutan lainnya dari binatang atau hewan tersebut adalah fauna dan marga satwa.
            Berdasarkan etimologi, kata “Hewan” berasal dari bahasa latin yaitu “animalis”. Yang berarti “memiliki nafas”. Dalam penggunaan non-Formal sehari-hari , kata tersebut biasanya mengacu pada hewan bukan manusia. Kadang-kadang kerabat dekat manusia , seperti mamalia dan vertebrata lainnya ditunjukan dalam penggunaan non-formalDefinisi biologis dari kata tersebut mengacu pada semua anggota kingdom animalia. Meliputi makhluk yang beragam. Seperti spons, ubur-ubur, serangga dan manusia.
            Bentuk awal hewan diduga mirip protista yang berflagela yang kemudian kehilangan kloroflasnya dan berkembang menyerupai flagelata yang ada sekarang. Tori lain mengatakan sel hewan berkembang dari seleukariotik aerobik. Organisame ini berevolusi membentuk kelompok protozoa. Selanjutnya terjadi perubahan dari hewan bersel satu menjadi hewan bersel banyak. Di duga bahwa hewan bersel banyak mula-mula berbentuk bola yang berongga. Dan terdiri dari satu lapisan sel-sel. Berdasarkan hipotesis hewan ini disebut blastea. Nama blastea diambil dari satu bentuk dalam perkembangan embrio yaitu blastula.
            Alga dan protozoa yang ada sekarang ini merupakan hasil radiasi yang pertama. Sedangkan blastea tidak lagi dijumpai kecuali pada bentuk blastula dalam perkembangan embrio hewan bersel banyak. Bentuk blastela memungkinkan untuk berkembang lebih jauh pada radiasi kedua dan ketiga.
            Secara umum berikut ini adalah ciri-ciri hewan :
v  Hewan merupakan organisme eukariota , multiseluler , hererotrofik. berbeda dengan nutrisi autotrofik pada tumbuhan. Hewan memasukan bahan organikyang sudah jadi, kedalam tubuhnya dengan cara menelan (Ingestion) atau memakan organisme lain, atau memakan bahan organik yang terurai.
v  Sel-sel hewan tidak memiliki dinding sel yang menyokong tubuh dengan kuat seperti pada tumbuhan atau jamur . komponen terbesar sel-sel hewan terdiri atas protein struktural kolagen.
v  Keunikan hewan yang lain adalah adanya dua jaringan yang bertanggung jawab atas penghantaran impuls dan pergerakan. Yaitu jaringan saraf dan jaringan otot sehingga dapat bergerak secara aktif.
v  Sebagian besar hewan bereproduksi secara seksual dengan tahapan diploid ysng mendominasi siklus hidupnya.
v  Alat pernapasan pada hewan bermacam-macam tergantung pada tempat hidupnya. Ada yang bernafas dengan paru-paru. Seperti, kucing. Insang seperti ikan , kulit seperti cacing, trakea seperti serangga.
v  Memerlukan makanan untuk tumbuh dan bertahan hidup.
v  Dapat dikendali untuk manusia (hewan piaraan atau sirkus)
v  Kehidupan dapat berakhir

v  Tumbuhan
            Dalam biologi, tumbuhan merujuk pada organisme yang termasuk kedalam regnum plantae. Di dalamnya masuk organisme yang sangat biasa dikenal orang seperti pepohonan, semak, terna, rerumputan, paku-pakuan , lumut serta sejumlah alga hijau. Tercatat sekitar 350.000 spesies organisme termasuk di dalamnya. Tidak termasuk alga hijau. Dari jumlah itu, 258.650 jenisa merupakan tumbuhan brbungadan 18.000 jenis tumbuhan lumut. Hampir semua anggota tumbuhan bersifat autotrof dan mendapatkan energi lansung dari cahaya matahari melalui proses fotosintesis.
            Karena warna hijau amat dominan pada anggota kerajaan ini, nama lain yang dipakai adalah viridiplantae (tetumbuhan hijau) nama lainnya adalah metaphyta. Klasifikasi tumbuhan masa lalu memasukan pula semua alga dan fungsi sebagai anggotanya. Kritik-kritik yang muncul membuat fungsi dipisahkan dari tumbuhan. meskipun stasioner . fungsi bersifat saprotrof. Mendapatkan energi dari sisa-sisa bahan organik. Selain itu, dinding sel  fungsi tidak tersusun dari bahan yang sama dengan tumbuhan dan malahan mirip hewan
            Sebagian besar alga kemudian juga mulai dipisahkan dari keanggotaan tumbuhan karena tidak memiliki diferensiasi jaringan dan tidak mengembangkan krolofilsebagai pigmen pelengkap energi.
            Penggunaan teknik-teknik biologi molekuler terhadap filogen tumbuhan ternyata memberikan banyak dukungan atas pemisahan ini. Tumbuhan dalam arti yang sekarang dipakai (arti sempit) dianggap sebagai keturunan dari satu alga hijau.
            Ciri khas tumbuhan yang mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofol yang berperan fital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis. Dengan demikian, tumbuhan secara umum bersifat autotrof. Beberapa pengecualian seperti pada sedjumlah tumbuhan parasit merupakan akibat adaptasi terhadap cara hidup  dan lingkungan yang unik. Karena sifatnya yang autotrof, tumbuhan selalu menempati posisi pertama dalam rantai aliran energi melalui organisme hidup yaitu rantai makanan.
            Tumbuhan bersifat stasioner atau tidak bisa berpindah atas kehendak sendiri, meskipun beberapa alga hijau bersifat motil (Mampu berpindah )karena memiliki flagelum. Akibat sifatnya yang pasif ini tumbuhan harus beradaftasi secara fisikatas perubahan lingkungan dan gangguan yang diterimanya. Variasi morfologi tumbuhan jauh lebih besar daripada anggota kerajaan lainnya. Selain itu tumbuhan menghasilkan banyak sekali metabolit sekunder sebagai mekanisme pertahanan hidup atas perubahan lingkungan atau serangan pengganggu.
            Refroduksi juga terpengaruh oleh sifat ini pada tingkatselular. Dinding sel yang tersusun Dari selulosa, hemiselulosa, dan pektin menjadi ciri khasnya , meskipun pada tumbuhan tingkat sederhana kadang-kadang hanya tersusun dari pektin. Hanya sel tumbuhan yang memiliki plasyida, juga vakuola yang besar dan seringkalimendominasi volume sel.

c. Benda Mati , Seperti Bebatuan , Tanah , Air dll         

B. Manusia mahluk Alloh yang paling sempurna
            Manusia adalah bagian integral dari alam semesta atau makhluk Alloh yang lain. Masing-masing memiliki ciri khas , sekaligus saling bergantungan satu sama lain. Peran dan Fungsi Manusia yaitu manusia diciptakan dan hidup di dunia adalah untuk mengemban amanah yang berat yang hanya dibebeankan kepada manusia.
Sesungguhnya kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh, (QS. 33:72)
                                                                                     
            Keistimewaan Manusia adalah manusia merupakan makhluk yang mulia , bahkan malaikat disuruh berwujud kepada adam (Manusia) , memiliki bentuk yang baik dan terakhir memiliki akal/ilmu , selain itu manusia juga mempunyai tujuan hidup, yaitu mencari Ridho Alloh SWT.
            Selain itu juga manusia diberi bekal oleh Alloh SWT berupa fisik yang  sempurna, indera,hati,ilmu dan akal beserta agama.kemuadian manusia juga memiliki potensi/sifat baik ialah Hanif ( cenderung kepada kebenaran ) serta mempunyai pedoman hidup diantaranya : Al-Qur’an , Al-Hadits , ijma dan Qiyas.
Manusia merupakan makhluk Alloh yang paling sempurna bila dibandingkan dengan makhluk hidup yang lainnya , seperti : hewan dan tumbuhan.
Manusia memiliki akal , pikiran beserta hati nurani yang tidak dimiliki makhluk hidup yang lainnya.
            Dengan kesempurnaan itu , manusia dijadikan oleh Alloh SWT sebagai kholifah di muka bumi yang bertugas untuk menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar kita.

C. Kebutuhan manusia akan pedoman hidup
            Al-Qur’an merupakan kitab suci terakhir dan diturunkan sedbagai penutup dari semua kitab-kitab yang sebelumnya. Kitab suci Al-Qur’an isinya mencakup seluruh inti wahyu yang telah diturunkan kepada para nabi dan rasul sebelumnya. Al-Qur’an adalah mukjizat-mukjizat lainnya.
            Al-Qur’an merupakan pedoman sekaligus menjadi dasar hukum bagi manusia dalam mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Sejak Nabi Adam sampai nabi Muhammad SAW , para rosul datang untuk menyampaikan ajaran tuhan kepada umatnya. Sebagai Manusia para rosul tersebut pasti menemui ajalnya, meninggal dunia. Sepeninggal rosul, kehidupan umat manusia pasti akan kacau tanpa pegangan pedoman.dengan di turunkan nya kitab suci,maka umat manusia memiliki pedoman hidup walaupun nabi atau rosul telah tiada
            Kepentingan di turunkanya kitab suci,dalam hal ini al-qur’an,yaitu:agar manusia mengenal dan beriman kepada allah,tuhan yang maha esa.manusia cenderung mengakui adanya suatu kekuatan atau kekeusaan di luar dirinya.manusia dengan caranya masing-masing mencarizat yang maha kuasa.
            Pengalaman-pengalaman membuktikan .bahwa dengan hanya menggunakan akalnya manusia sering keliru mengenal tuhannya untuk membantu manbantu manusia mengenal tuhan nya mengenal tuhannya dengan benar,perlu adanya tutunan dari allah swt, berupa wahyu yang diturunkan melalui para rosul. Dengan adanya wahyu, manusia dengan mudah dapat mengenal Tuhan yang sesungguhnya , Tuhan yang maha pencipta.

D. Macam Agama dan kedudukan Agama Islam
v  Islam
            Dari segi kebahasaan Islam berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata salima yang mengandung arti selamat, sentosa, dan damai.
            Dari kata salima selanjutnya dirubah menjadi bentuk aslama yang berarti berserah diri masuk dalam kedamaian. Oleh sebab itu orang yang berserah diri,patuh, dan taat kepada alloh SWT disebut sebagai orang muslim
Dalam uraian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa kata islam dari segi kebahasaan mengandung arti patuh, tunduk , taat dan berserah diri kepada alloh swt. Dalam upaya mencari keselamatan dunia dan akhirat.

v  Kristen
            Secara garis besar pengertian agama kristen adalah sekelompok orang yang percaya kepada kristus dan beribadah dengan mementingkan aspek-aspek rohani yang telah diajarkan oleh yesus kristus.
            Pertama kali kristen itu belum ada, yang ada hanya gereja mula-mula atau biasa disebut gereja perdana. Agama kristen , baru pertam kali di Antiokhia. Agama kristen mempunyai banyak aliran, sekali lagi mirip agama islam, ada aliran kristen ortodoks timur, kristen katolik roma dan kristen protestan. Para ahli juga menyatakan bahwa islam dan kristen adalah agama yang melalui “proses evolusi” dari agama primitif , karena seperti yang kita ketahui islam dan kristen sudah ada sejak berapa tahun ribu silam yang lalu, jadi tidak heran jika para ilmuan menyebut agam ini sebagai agama hasil evolusi.

v  Hindu
            Hindu (bahasa sansekerta: dharma santana (abadi)), juga dikenal sebagai dharma vaidika (veda)) adalah suatu agama atau filsafat yang berasal dari subbenua india dari wilayah sekitarnya yang terdekat.agama ini adalah agama tertua yang diketahui di dunia , dan yang tidak memiliki pendiri , kitab , atau kota suci yang utama .. kitab pertama agama ini adalah veda dan dengan bertahan waktubanyak kitab lainnya juga yang bermunculan.
            Hindu adalah agama ketiga terbesar di dunia, dengan kurang lebih 900 juta penganut (angka 2005) kira-kira 890 juta dari jumlah itu tinggal di india.

v  Buddha
            Agama buddha adalah sebuah agama dan filsafat yang berasal dari anak benua india dan meliputi beragam tradisi kepercayaan, dan praktik yang sebagian besar berdasarkan pada ajaran yang diakitkan dengan siddharta gautama, yang secara umum dikenal dengan sang buddha (berarti “yang telah sadar” dalam bahasa india dalam beberapa waktu antara abad ke-6 sampai dengan abad ke-4 SEU (sebelum era umum). Beliau dikenal oleh para ummat budha sebagai seorang guru yang telah sadar atau tercerahkan atau membagikan wawasan-Nya untuk membantu makhluk hidup mengakhiri ketidaktahuan/kebodohan dengan menyadari sebab musabab saling bergantungan dan sunyatam dan mencapai nirvana.
            Setiap aliran buddha berpegang kepada tripitaka sebagai rujukan utama karena dalamnya terdapat sabda dan ajaran sang hyang buddha gautam.pengikut-pengikutnya kemudian mencatat dan mengklasifikasikan ajarannya dalam 3 buku yaitu sutta pitaka (kotbah-kotbah sang buddha) dan abhidamma pitaka (ajaran hukum metafisika dan psikologi).
            Kedudukan Agama Islam dibandingkan agama lainnya adalah mayoritas dari warga negara Indonesia adalah memeluk Agama islam , karena menurut al-qur’an
Agama yang di ridhoi oleh Alloh SWT.

E. Peranan Agama Islam dalam menentramkan batin dan membawa kedamaian.






















BAB III
PENUTUP
           
I.       KESIMPULAN
            Manusia dan agama saling berkaitan serta saling bergantuangan satu sama lain , sehingga diantara keduanya tidak dapat dipisahkan. Manusia melakukan transaksi kehidupan berdasarkan dari pedoman hidup yang dihasilkan oleh agama itu tersendiri, yaitu al-qur’an dan hadits , setiap masalah apapun di dunia ini terdapat cara penyelesaian yang terdapat dalam al Qur’an , maka dari itu manusia harus perpegang teguh pada pedoman hidup manusia supaya dapat selamat dunia akhirat.

II.    Kritik dan Saran
Kritik
            Mungkin dalam keadaan sekarang , posisi dan peranan agama tidak terlalu mendominasi kehidupan manusia , sehingga banyak manusia yang terlepas dari aturan-aturan yang berlaku saat ini . menurunnya perasaan tenggang rasa antar ummat beragama menjadikan interaksi antar ummat beragama menjadi renggang dan tidak terjalinnya hubungan tali silaturahmi yang baik.

Saran
            Mungkin Saran dari kelompok kami adalah lebih diperkuat lagi perasaan tenggang rasa antar ummat beragama supaya terjalin hubungan yang harmonis meskipun berbeda keyakinan , tetapi kita harus bisa menyesuaikan diri ketika kita berinteraksi dengan orang yang berbeda keyakinan sehingga tidak menyinggung perasaan satu sama lainnya.




MANUSIA DAN AGAMA

KELOMPOK 1 :
Hendra
Intan Nurhidayah
Ifan Diansyah
Siti Rohayati






FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GARUT

 
2012
DAFTAR PUSTAKA

www.yahoo.com























KATA PENGANTAR

            Pertama-tama kami mengucapkan rasa syukur kehadirat Alloh SWT yang mana telah megizinkan saya menyelesaikan Makalah untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran “  Pendidikan Agama Islam ” ini hingga selesai.
            Kami mengharapkan bahwa setelah adanya makalah ini , makalah ini dapat berguna bagi semua orang , khususnya bagi kami yang telah mengerjakan makalah ini dan umumnya bagi orang-orang yang telah membaca setra mengimplementasikan apa yang terkandung dalam makalah ini.
            Dengan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Dosen yang telah memberikan kami tugas ini sehingga kami dapat lebih memahami mengenai “manusia dan agama” yang sebelumnya kami sendiri juga belum terlalu banyak mengetahui tentang hal ini.


Garut , 7 Oktober 2012








Penulis












i
 
 
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...............................................................................          i
DAFTAR ISI ..............................................................................................          ii
BAB I    PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang .......................................................................          1
B.  Rumusan Masalah ..................................................................          2
C.  Tujuan .....................................................................................          2
BAB II   MANUSIA DAN AGAMA
A.  Macam-macam Makluk Ciptaan Alloh ..................................          3
B.  Manusia makhluk Alloh yang Paling Sempurna .....................          6
C.  Kebutuhan Manusia Akan Pedoman Hidup ..........................          7
D.  Macam Agama dan Kedudukan Agama Islam ......................          8
E.  Peranan Agama Islam Dalam Menentramkan Batin dan Membawa    
     dan Membawa Kedamaian .....................................................          10
BAB III  PENUTUP
I.  Kesimpulan ..............................................................................          11
II.  Kritik dan Saran .....................................................................          11
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................          13







ii
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar